Assalammu'alaikum wr.wb
Penjelasan singkat Tentang Animasi (Animation)
Animasi adalah Hasil dari pengolahan gambar tangan, sehingga menjadi Gambar yang bergerak yang sangat atraktif saat ditampilkan secara berurutan untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Pada dasarnya animasi adalah transformasi objek dimana semua titik pada sembarang objek akan diubah, sementara koordinatnya tetap. Objek tersebut didefinisi berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan
Penjelasan singkat Tentang Animasi (Animation)
Animasi adalah Hasil dari pengolahan gambar tangan, sehingga menjadi Gambar yang bergerak yang sangat atraktif saat ditampilkan secara berurutan untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Pada dasarnya animasi adalah transformasi objek dimana semua titik pada sembarang objek akan diubah, sementara koordinatnya tetap. Objek tersebut didefinisi berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan
Film-film animasi terdahulu menggunakan ratusan sampai
ribuan gambar sketsa tangan untuk membuat sebuah animasi pergerakan
satu-persatu. Tiap gambar bergerak tersebut dikenal dengan frame. Untuk membuat
animasi yang halus pergerakannya maka dibutuhkan makin banyak gambar.
Setelah era komputer grafik seperti sekarang, proses animasi
tidak lagi merupakan suatu proses yang terlalu rumit. Seorang animator 2D atau
3D cukup menganimasikan frame awal dan akhir dari suatu
pergerakan animasi, selebihnya komputer akan mengkalkulasi
gerakan di antaranya (dikenal dengan istilah In-Between). Informasi pergerakan
sebuah objek dicatat komputer dengan informasi berupa keyframe. Jumlah keyframe
dan frame di antaranya inilah yang menentukan halus atau tidaknya sebuah
pergerakan animasi.
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang
berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun
objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga
karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang
seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan
bergantian ditampilkan.
Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia,
bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan
oleh tenaga ahli lokal atau dengan kalimat lain, Indonesia sudah lama terkenal
hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya
Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi
definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a
sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz
Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali
serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.”
Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk
menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua
kategori, yaitu:
*Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini
biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses
animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk
pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam
sebuah animasi.
* Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya
digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max,
Maya, Autocad dll.
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan
objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang
telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar
atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia,
hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang
lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk
menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek
tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika
yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang
berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun
objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga
karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang
seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan
bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda,
warna dan spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya
Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi
definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a
sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz
Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali
serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.”
Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk
menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Sekitar sebelum tahun 1970-an pembuatan animasi masih
dilakukan secara sederhana dan konvensional dengan cara menggerakkan bebberapa
gambar secara bergantian dan cepat. Dimana gambar tersebut menceritakan
serangakaian kejadian yang dapat dituangkan baik menggunakan lukisan tangan ataupun
foto. Dan mulailah pada akhir 1970-an dikembangkannya program khusus untuk
animasi oleh Julian Gomez. Komputer digital yang berkembang pesat sangat
mempengaruhi proses pengerjaan animasi. Animasi kemudian membentuk suatu bidang
baru dalam ilmu komputer yang dapat digunakan untuk menggambarkan cara kerja
suatu alat dan menampilkan keluaran program berupa gambar yang lebih hidup dan
interaktif. Animasi banyak digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang
perekayasaan, arsitektur, ekonomi, kedokteran, dll.
Jenis-jenis Animasi
Karakter animasi sekarang telah berkembang dimana awal mula
mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah terbagi menjadi beberapa jenis
animasi
*Animasi 2D
Aniamsi 2D bias juga disebut dengan film kartun. Dimana
kartun telah memiliki karakter yang
memiliki sifat lucu da menghibur.
*Aniamsi 3D
Dampak dari adanya perkembangan teknologi dan komputer
membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkenmbang, dimana animasi 3D
merupakan pengembangan dari animasi 2D. Adnya animasi 3Dkarakter yang
diperlihatkansemakin hidup dan nyata,
mendekati wujud manusia aslinya.
*Stop Motion Animation
Animasi ini juga dikenali sebagai claymation kerana animasi
ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan. Teknik ini
pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906. Teknik ini
seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era
tahun 50-an dan 60-an. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908
berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu
juga, beredar film clay yang berjudul
Chicken Run.
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan
diantara jenis lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah
tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen
karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat
dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut
ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian
tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang
lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto
tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita
tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang
tinggi.
*Animasi jepang (Anime)
Anime merupakan sebutan tersendiri untuk film animasi di
Jepang. Dalam hal pembuatan animasi Jepang tidak kalah dibandingkan buatan
Eropa. Dimana Anime memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi
buatan eropa. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent
Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime. Berbeda dengan animasi
Amerika, anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.
Selain itu berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan
menjadi 10 jenis, yaitu:
*Animasi Cel
Animasi cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar
dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi.
Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal,
masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi
cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi
karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini
akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan,
terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun
seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
*Animasi Frame
Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana,
dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan,
pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh
animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada
tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa
menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash,
animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan
untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik
animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.
*Animasi Sprite
Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan
latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti
animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak
dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya
dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. Contoh animasi ini adalah
animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan
animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.
*Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya
mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah
animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai
kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan
teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
*Animasi Spline
Pada animasi spline, animasi dari objek bergerak mengikuti
garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi
perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus dibandingkan
dengan animasi path. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kupu-kupu yang
terbang dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah. Dalam
Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi script,
teknik ini menggunakan action script yang membangkitkan sebuah lintasan
berbentuk kurva dari persamaan matematis.
*Animasi Vektor
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, perbedaannya
hanya terletak pada gambar yang digunakan dalam objek sprite-nya. Pada animasi
sprite, gambar yang digunakan adalah gambar bitmap, sedangkan animasi vektor
menggunakan gambar vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga
mengakibatkan ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan
dengan file animasi sprite.
*Animasi Clay
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka).
Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang
digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut
difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto
dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang
unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Shaun the Sheep. Teknik
animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.
*Morphing
Morphing adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang
lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus
dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain.
Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening
shape.
*Animasi Digital
Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell
(Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan
tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di
komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak
meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini
adalah film Inuyasha
*Animasi Karakter
Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun
berbasis 3 dimensi, oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi
3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda
tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat
mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual,
yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan
dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek
dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation,
seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan
editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat
lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan
alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Contoh animasi dengan teknik
ini adalah Film yang berjudul Finding Nemo, Toy Story dan Moster Inc.
Peran Animasi
Adapun dampak dari adanya animasi di berbagai bidang,
diantaranya bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dalam dunia
pendidikan sendiri gambar animasi dianggap sangatlah penting. Karena dengan
adanya gambar animasi bisa memperlancar
proses belajar dan lebih meningkatkan ketertarikan untuk mengikuti pelajaran,
selain itu animasi bisa mempermudah penggambaran dari suatu materi pelajaran
tertentu.
Software Animasi
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar
di pasaran, dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang
komplek, dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah.
Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat
dikelompokkan menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3
Dimensi.
Software Animasi 2 Dimensi.
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk
membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk
menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara.
Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
*Macromedia Flash
*Adobe Flash
*Macromedia Director
*ToonBoom Studio
*Adobe ImageReady
*Corel RaVe
*Swish Max
*Adobe After Effect
Software Animasi 3 Dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang
canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut
antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import
video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D
mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi
landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang
canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan
terkadang rumit.
Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain:
*3D Studio Max
*Maya
*Poser (figure animation)
*Bryce (landscape animation)
*Vue (landscape animation)
*Cinema 4D
*Blender (gratis)
*Daz3D (gratis)
Apabila kita
perhatikan pada penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/
gambar dan alur gerak.
Akhir Kata Saya Ucapkan
Wa'alaikumsalam wr.wb
Akhir Kata Saya Ucapkan
Wa'alaikumsalam wr.wb
terimakasih ya gan
BalasHapusgan
terima kasih ya sudah mau berbagi artikel ini. kebetulan saya sedang mempelajarinya. terima kasih banyak!
BalasHapusTerimakasih Kembali Telah Menyimaknya ^_^
BalasHapusKalau Boleh Tau ini Kutipan karya Ibis Fernandes Halaman Berapa pada bukunya.. Mohon dijawab...butuh informasi tuk susun Skripsi...Please Tolong Bosss
BalasHapus