Anjar Syaefa

Sabtu, 13 Desember 2014

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas





Assalammu'alaikum wr.wb
Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas – Laptop panas adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna laptop. Laptop yang panas dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya seperti sirkulasi udara dalam laptop yang tak baik sehingga panas atau kipas yang ada pada laptop mati. Laptop cepat panas sebenarnya adalah hal yang wajar mengingat desain laptop yang lebih ramping dibanding PC, sehingga komponen di dalamnya lebih rapat dibandingkan dengan CPU, sehingga suhu laptop cepat panas.
Pada CPU-nya, untuk mengatasi suhu panas, biasanya diberi banyak kipas untuk mendinginkan prosessor. Sebab suhu panas akan memberikan dampak pada kinerja serta kondisi hardware. Laptop yang panas berlebihan biasanya akan mengakibatkan prosessor mati dengan tiba-tiba. Bila dibiarkan saja serta terjadi secara berulang-ulang maka aka bisa menyebabkan kerusakan komponen di dalam laptop. terlebih prosessornya.

Panas dihasilkan dari penggunaan energi listrik oleh komponen hardware PC/laptop. Sebenarnya di dalam perangkat PC dan laptop sudah tertanam kipas yang mengatur sirkulasi udara agar panas yang dihasilkan dapat keluar dari perangkat komputer sehingga suhu tidak terlalu panas.
Suhu laptop maksimum adalah 105

C. Jika suhu laptop kamu lebih panas dari itu, maka akan otomatis mati untuk menghindari kerusakan akibar overheat. Nah, untuk mengetahui berapa suhu laptop, kamu bisa download software untuk mengetahui suhu PC/Laptop disini.

Penyebab Laptop Panas?
Kenapa laptop bisa panas?


  • Periksa kipas/fan komputermu, apakah masih berputar? Kalau kipas tidak berputar, panas yang dihasilkan tidak dapat dikeluarkan dari komputer/laptop.

  • Periksa lubang udara laptopmu, apakah tersumbat oleh kotoran? Kalau kipas masih berfungsi, kemungkinan panas tidak dapat keluar dengan baik karena lubang pengeluaran udara yang tersumbat oleh debu dan kotoran.

  • Dimana kamu menggunakan laptop? Faktor permukaan tempat kamu meletakkan laptop ternyata juga mempengaruhi proses pengeluaran panas. Jangan letakkan laptop di atas bantal atau kasur, karena bisa menyerap panas. Permukaan bantal dan kasur yang panas malah menambah panas laptop dari bawah. 


Cara Mengatasi Laptop yang Panas?
Kalau laptop kamu panas, mungkin solusi-solusi berikut bisa membantu:
  • Kalau kipas atau fan PC/laptop sudah tidak berfungsi, segera ganti dengan yang baru.

sumber: indonetwork.co.id
  • Bersihkan lubang pengeluaran udara panas secara teratur.
  • Sebaiknya letakkan laptop di permukaan yang datar dan keras seperti meja atau lantai. Untuk kamu yang suka menggunakan laptop di kasur, kamu bisa meletakkan papan atau buku yang lebar dan datar di bawah laptop sebagai alas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar