Anjar Syaefa

Selasa, 07 Oktober 2014

Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar






Assalammu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas seputar cara penggunaan Bahasa Indoesia

1. Bahasa adalah alat komunikasi yang berperan penting dalam berkehidupan bermasyarakat, bisa disebut juga, bahasa juga sebagai penjembatan dalam kehidupan kita selama ini. tanpa bahasa kita akan kesulitan berinteraksi sebagai mahkluk sosial. Bahasa yang baik dan benar telah tersusun sesuai dengan kaidah yang ada, baik Lisan maupun tertulis.
Berbahasa indonesia yang baik dan benar memilikin beberapa konsekuensi logis, yang terkait dengan pemakaian yang sesuai situasi maupun kondisi. Contohnya pada situasi formal, penggunaan bahasaIndonesia yang benar dan baik menjadi prioritas utama. Dalam penggunaan bahasa baku sering terjadi kendala dalam penggunaannya, dan harus dihindari, misalkan adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi baku atau resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik. Contoh pertanyaan sehari-hari dengan bahasa yang baku:
  • Apakah anda sudah menyelesaikan tugas?
  • Apa yang sedang anda lakukan?
Contoh dialog antara Ayah dan Anak
  • Ayah : Nak, kamu sudah menyelsaikan Tugas Rumah?
  • Anak : Sudah ayah, kemarin aku diajari oleh Ibu
  • Ayah : Anak baik, jangan lupa di koreksi kembali, lalu dimassukan ke dalam Tas
  • Anak : Baik ayah.
  •  
Contoh lain dari pancasila

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarana/perwakilan


dari contoh kalimat tersebut, kita dapat langsung mengetahui bahwa kalimat tersebut menggunakan bahasa yang Baik dan Benar.

2. Fungsi bahasa sebagai alat komuniskasi dalam kehidupan kita sehari-hari, tanpa disadari bahasa menjadi peranan pokok sosial yang kita gunakan untuk berkomunikasi baik sebagai alat komunikasi maupun sarana ekspresi diri, komunikasi tidak akan selaras dengan baik apabila ekspresi diri kita diterima dan dipahami lawan bicara, dan sebaliknya jika tidak terciptanya keselaran tersebut lawan bicarapun tidak memahami apa yang kita bicarakan, bisa jadi dia akan Bingung, Bahkan marah karna terjadi ketidakselerasian tersebut atau kesalahpahaman.
Contoh jika kita memiliki beberapa tujuan tertentu saat berkomunikasi
  • Kita ingin orang lain menanggapi pemikiran kita
  • Kita ingin menyakinkan gagasan pandangan kita
  • Kita ingin otrang lain memahami tindakan kita
Dalam penggunaaan bahasa kita perlu mempertimbangkan apakah bahasa yang kita pilih sudah baik dan benar atau sebaliknya, karena dalam berkomunikasi ada 2 Bahasa yang kita gunakan yaitu komunikasi Lisan dan Tulis.
Dalam komunikasi Lisan kita menggunakan indra kecap atau suara yang dikeluarkan dari tenggorokan dan menghasilkan bunyi, bunyi ini memiliki simbol dan ciri khas yang berbeda-beda, ada yang tinggi-rendah, halus-kasar, dan beraneka ragam. Bahasa juga tidak hanya dilakukan dengan satu bahasa saja, melainkan banyak bahasa tergantung tempat, situasi dan konidisi.
Contoh bahasa sebagai alat komunikasi
  • Gerakan Tubuh, Jari-jemari
  • Alat kecap atau bunyi-bunyian, Suara Adzan, Lagu
  • Lukian, Gambar, Tulisan

Kesimpulan yang diraih
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, perlu dilestarikan oleh Warga negara indonesia yang baik, terlebih budaya Asing yang kian kini menyerba di semua kalangan muda maupun Dewasa.
dalam berbahasa kitta harus memulih-milih kalimat yang baik saat berkomunikasi, agar lawan bicara dapat lebih mudah memami dan menanggapi apa yang sedang kita tuju dan diinginkan, jika salah dalam penggunaan kata, tentu saja Lawan bicara akan kesulitan dalam memahaminya, bisa bingung bahkan sampai marah.
Sekian Tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat, Mohon Maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Akhir kata Wa'alaikumsalam.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar