Anjar Syaefa

Senin, 18 Mei 2015

Pengertian Compiler, Assembler dan Text editor (Sistem Operasi)



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatu
1. Kompilator (Inggris: compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.Terlepas dari pengertiannya yang demikian relatif luas, istilah kompilator biasa digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN, Visual Basic, Visual C#, Java, xBase atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.

 
Arsitektur kompilator modern biasanya bukan lagi merupakan program tunggal namun merupakan rangkaian komunikasi antar program dengan tugas spesifik masing-masing. Program-program tersebut beserta tugasnya secara umum terdiri dari:



    Kompilator itu sendiri, yang menerima kode sumber dan menghasilkan bahasa tingkat rendah (assembly)
    Assembler, yang menerima keluaran kompilator dan menghasilkan berkas objek dalam bahasa mesin
    Linker, yang menerima berkas objek keluaran assembler untuk kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang dapat dieksekusi (executable)

Kompilator yang menggunakan arsitektur ini misalnya GCC, Clang dan FreeBASIC.
 


Tahap Kompilasi:

    Pertama source code (program yang ditulis) dibaca kememori computer).
    Source code tersebut diubah menjadi objek code (bahasa Assembly).
    Objek code di hubungkan dengan liberary yang dibutuhkan untuk membentuk file yang bisa dieksekusi.

2. Assembler adalah sebuah program komputer untuk menerjemahkan Bahasa Assembly -- intinya, sebuah representasi menmonic dari bahasa mesin — menjadi kode objek. Sebuah assembler silang (lihat kompilator silang) memproduksi kode untuk satu jenis prosesor, tetapi dapat dijalankan di prosesor lain.
Selain menterjemahkan instruksi assembly mnemonic menjadi opcode, assembler juga menyediakan kemampuan untuk menggunakan nama simbolik untuk lokasi memori (menghindari penghitungan rumit dan pembaruan alamat secara manual ketika sebuah program diubah sedikit), dan fasilitas makro untuk melakukan penggantian textual — biasanya digunakan untuk menggantikan suatu urutan instruksi yang pendek untuk dijalankan perbaris dan bukan dalam sebuah subrutin.
Assembler jauh lebih mudah ditulis daripada kompilator untuk bahasa tingkat-tinggi, dan telah tersedia sejak 1950-an. Assembler modern, terutama untuk arsitektur berdasarkanRISC, seperti arsitektur MIPS, Sun SPARC, dan HP PA-RISC, mengoptimalkan penjadwalan instruksi untuk menggunakan pipeline CPU secara efisien.

3. Text Editor adalah sebuah software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan penggunanya membuat, mengubah, atau mengedit file teks (plain text). Text editor dapat digunakan untuk membuat program komputer, mengedit source code bahasa pemograman, serta membuat halaman web atau template web design.
Aplikasi ini secara umum digunakan untuk tujuan pemrograman, bukan untuk pembuatan dokumen, seperti fungsinya di masa lalu.

4. Database System
Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.



Pengertian Interpreter
Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.

Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.

Interpreter atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Juru Bahasa berbeda dengan Translator atau penterjemah dalam segi media yang dipakai untuk menerjemahkan. Interpreter akan menterjemahkan bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran secara langsung atau orally sementara translator akan menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran secara tertulis.



Sekian dari kami
Wasalammu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Sumber Tautan:
http://puputindra.blogspot.com/2013/06/pengertian-compiler-assembler-dan-text.html

3 komentar:

  1. terimah kasih ini sangat berguna bagi saya dalam mengerjakan tugas.saya Dewa pradana 1811500066 kunjungi website saya https://dewa.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/
    terima kasih

    BalasHapus
  2. terimakasih kakak, blognya sangat membantu. mempermudahkan pengerjaan tugas saya juga, saya SAMSIYATUL ROSYIDAH 1811500054 jangan lupa mampir ke website saya juga ya kakak :) https://jelajahidunidenganmembaca.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ sekalian juga website kampus tercinta saya ya kakak http://atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Anjar Syaefa: Pengertian Compiler, Assembler Dan Text Editor (Sistem Operasi) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Anjar Syaefa: Pengertian Compiler, Assembler Dan Text Editor (Sistem Operasi) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Anjar Syaefa: Pengertian Compiler, Assembler Dan Text Editor (Sistem Operasi) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 8M

    BalasHapus