Anjar Syaefa

Kamis, 26 Maret 2015

Mini Komputer Raspberry Pi 2/ Pi

Assalammu'alaikum Warrahmatullah Wabarokatuh

Komputer saat ini seolah sudah menjadi satu barang yang harus dimiliki oleh masing-masing individu dalam menunjang aktivitasnya. Tidak hanya terbatas pada kalangan yang mengerti akan dunia Informasi Teknologi, tetapi juga masyarakat awam memerlukan komputer untuk membantu dalam mengetikan surat edaran , mencatat resep masakan atau bahkan digunakan untuk melihat foto dan video.
Saat ini begitu banyak pilihan komputer kecil yang tidak hanya memiliki dimensi yang kecil, tetapi juga sangat sedikit dalam mengkonsumsi daya. Salah satu komputer kecil yang cukup sering diperbincangkan adalah Raspberry Pi. Raspberry Pi merupakan komputer yang memiliki ukuran yang setara dengan kartu kredit. Pada bagian prosesornya, Komputer kecil ini menggunakan prosesor utama ARM yang pada umumnya digunakan pada smartphone ataupun komputer tablet.
Selain dapat berfungsi sebagai komputer desktop pada umumnya, Raspberry Pi juga memiliki I/O dan beberapa antarmuka yang bisa digunakan untuk dapat terhubung ke modul elektronika yang lain. Beberapa antarmuka yang dmiliki antarlain : UART, SPI dan I2C. Selain itu Raspberry Pi juga dapat secara langsung mengatur logika I/O yang dimiliknya untuk kemudian mengendalikan relay ataupun lampu dengan menggunakan rangkaian tambahan.





Komputer mini adalah komputer yang kemampuan mengolah datanya berada pada level sedang. Kapasitas prosesornya sangat besar dan digunakan untuk kebutuhan multi user, yang memungkinkan akses oleh beberapa pengguna dalam waktu bersamaan ke sistem operasi atau aplikasinya. Jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam komputer mini berjumlah puluhan. Oleh karena itu, komputer mini ini biasa digunakan di perusahaan kelas menengah, yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.
 Berbeda sekali dengan komputer mainframe yang sambungan terminalnya berjumlah ribuan seperti di perusahaan besar yang banyak memiliki cabang. Ukuran komputer mini secara fisik tentunya lebih kecil dibandingkan dengan komputer mainframe. Meskipun begitu, kapasitas prosesor keduanya hampir sama.
Perkembangan Komputer Mini Tahun 2000-an
Komputer mini era tahun 2000-an adalah komputer desktop biasa yang berukuran kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Berbeda dengan laptop dan notebook, komputer mini PC ini memiliki layar dan keyboard yang terpisah. Tujuan diciptakannya adalah untuk menghemat tempat di ruang kerja Anda. Desain yang elegan, dengan tebal hanya sekitar 6 sentimeter, tinggi kurang lebih 20 sentimeter menjadikan komputer mini ini layaknya laptop di perkantoran.
Namun, fungsi sesungguhnya adalah menghemat tempat untuk komputer di kantor. Karena di beberapa kantor yang tidak begitu luas, komputer berukuran besar sering menjadi kendala. Saat ini, masyarakat biasa juga sudah mulai menggunakan komputer mini PC sebagai desktop yang asyik dijinjing ke sudut rumah mana pun. Dari segi harga, komputer jenis ini jauh lebih murah ketimbang komputer jinjing seperti laptop
 

Raspberry Pi memiliki dua model yaitu model A dan model B. Secara umum Raspberry Pi Model B, 512MB RAM. Perbedaan model A dan B terletak pada memory yang digunakan, Model A menggunakan memory 256 MB dan model B 512 MB. Selain itu model B juga sudah dilengkapai dengan ethernet port (kartu jaringan) yang tidak terdapat di model A. Desain Raspberry Pi didasarkan seputar SoC (System-on-a-chip) Broadcom BCM2835, yang telah menanamkan prosesor ARM1176JZF-S dengan 700 MHz, VideoCore IV GPU, dan 256 Megabyte RAM (model B). Penyimpanan data didisain tidak untuk menggunakan hard disk atau solid-state drive, melainkan mengandalkan kartu SD (SD memory card) untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Raspberry Pi merupakan komputer mini yang sangat murah, harganya hanya 25 dollar AS untuk Model A adapun 35 dollar AS utuk Model B per unit

Hardware Raspberry Pi tidak memiliki real-time clock, sehingga OS harus memanfaatkan timer jaringan server sebagai pengganti. Namun komputer yang mudah dikembangkan ini dapat ditambahkan dengan fungsi real-time (seperti DS1307) dan banyak lainnya, melalui saluran GPIO (General-purpose input/output) via antarmuka I²C (Inter-Integrated Circuit).
Raspberry Pi bersifat open source (berbasis Linux), Raspberry Pi bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Sistem operasi utama Raspberry Pi menggunakan Debian GNU/Linux dan bahasa pemrograman Python. Salah satu pengembang OS untuk Raspberry Pi telah meluncurkan sistem operasi yang dinamai Raspbian, Raspbian diklaim mampu memaksimalkan perangkat Raspberry Pi. Sistem operasi tersebut dibuat berbasis Debian yang merupakan salah satu distribusi Linux OS.

Untuk versi Raspberry Pi 2 beroperasi pada 700 MHz secara default, generasi pertama Raspberry Pi memberikan kinerja dunia nyata kasar setara dengan 0.041 GFLOPS. Pada tingkat CPU kinerja yang mirip dengan 300 MHz Pentium II 1997-1999. GPU menyediakan 1 GPixel / s atau 1,5 Gtexel / s pengolahan grafis atau 24 GFLOPS kinerja komputasi tujuan umum. Kemampuan grafis dari Raspberry Pi yang kira-kira setara dengan tingkat kinerja Xbox 2001.

Hasil LINPACK tunggal simpul menghitung patokan dalam kinerja presisi tunggal rata-rata 0,065 GFLOPS dan kinerja presisi ganda rata-rata 0.041 GFLOPS untuk satu Raspberry Pi Model B-papan. Sekelompok komputer 64 Raspberry Pi Model-B, berlabel "Iridis-pi ", mencapai hasil HPL Suite LINPACK 1,14 GFLOPS (n = 10240) pada 216 watt untuk c. US $ 4.000.


 

 Raspberry Pi Model A/A+/B                                                           Raspberry Pi Model B+/ Pi 2 B    







Spesifikasi Raspberry Pi 2
·         SoC: Broadcom BCM2836 (CPU, GPU, DSP, SDRAM)
·         CPU: 900 MHz quad-core ARM Cortex A7 (ARMv7 instruction set)
·         GPU: Broadcom VideoCore IV @ 250 MHz
·          GPU info: OpenGL ES 2.0 (24 GFLOPS); 1080p30 MPEG-2 and VC-1 decoder (with license); ​1080p30 h.264/MPEG-4 AVC high-profile decoder and encoder
·         Memory: 1 GB (shared with GPU)
·         USB ports: 4
·         Video input: 15-pin MIPI camera interface (CSI) connector
·         Video output: HDMI, composite video (PAL and NTSC) via 3.5 mm jack
·         Audio input: I²S
·         Audio output: Analog via 3.5 mm jack; digital via HDMI and I²S
·         Storage: MicroSD
·         Network: 10/100Mbps Ethernet
·         Peripherals: 40 GPIO plus specific functions, and HAT ID bus
·         Power rating: 800 mA (4.0 W)
·         Power source: 5 V via MicroUSB or GPIO header
·         Ukuran: 85.60mm × 56.5mm
·         Bobot: 45g (1.6 oz)
Raspberry Pi adalah sebuah komputer single Board seperti ukuran kartu kredit yang diciptakan oleh organisasi Raspberry Pi Foundation in United Kingdom (UK) pada tahun 2006. Itu semua bermula ketika seorang pemua bernama Eben Upton (yang sekarang bekerja sebagai Chip Arsitek di perusahaan Broadcom) bersama dengan teman-teman kuliahnya di Laboraturium komputer Universitas Cambridge, berdiskusi dan ber-eksperimen untuk mengatasi masalah kurikulum TIK dengan pelajaran tentang cara menggunakan Word dan Excel atau menulis halaman Web di sekolah – sekolah yang biayanya tidak memadai, dan berkeinginan untuk menarik perhatian anak-anak yang awalnya tidak tertarik dengan perangkat pemograman.
Setelah beberapa tahun bekerja, organisasi tersebut berhasil mengasilkan dua design untuk Raspberry Pi Model B pada tahun 2011 dan memasuki produksi masal melalui produksi berlisensi element 14 / Premien Farnell dan RS Electronics dengan harga $35 untuk Model B yang berawal memiliki RAM 256 MB, kemudian revisi kedua dengan RAM 512MB diumumkan pada Oktober 2012 . Sedangkan pada kuarter pertama tahun 2013 diharapkan Model A dapat dijual dengan harga $25, dengan Prosesor BCM2835 dengan Frekuensi 700MHz “Single-Core” termasuk keluarga ARM11 pada Arsitektur ARMv6.
Setelah Broadcom mengeluarkan SoC “Sistem on Chip” BCM2836  pada tahun 2014, James merancang serangkaian prototipe Raspberry Pi Model B 2, dirilis pada 15 Februari 2015, BCM2836 menggunakan Arsitektur ARMv7 dengan Frekuensi 900MHz “Quad-Core” dan RAM 1GB. Untuk grafis Raspberry diduking dengan GPU Broadcom Video Core IV dapat dengan lancar menjalankan Video full HD



kelebihan Raspberry ini bisa digunakan untuk project-project misalnya :
1. NAS (Network Attached Storage) , yaitu sebagai file server berbasis IP.
pemakai rumahan skrg bisa memiliki NAS yang bisa berjalan 24-jam sehari dengan konsumsi listrik sekitar 50rb/tahun

2. Media Server
Jika ingin punya HD Media player ,alat yang bisa memainkan file-file music, gambar, dan video di dalam hardisk, Raspberry Pi ini bisa di jadikan Media player dengan menggunakan port HDMI ataupun RCA
Anda bisa menonton Streaming TV online, bisa nonton Youtube ataupun memutar film kesukaan anda.

3. Print Server
Print Server adalah Alat yang di hubungkan dengan Printer,menjadikan printer anda bisa di gunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan LAN
Raspberry Pi juga bisa di jadikan print server ,dengan menghubungkan printer yang ingin di jadikan printer Jaringan


4. Server Torent -Bittorent
Raspberry Pi juga bisa di jadikan Server untuk download Torent

5. Download manager
Raspberry Pi bisa dijadikan sebagai Komputer yang mendownload file-file film yang bisa kita tinggal tanpa mengkhawatirkan konsumsi listri.

6. Wifi Internet Radio Player
Raspberry bisa juga di gunakan untuk memainkan music yang di streaming dari Internet Radio, anda bisa mengatur volume,mengatur list lagu dari handphone anda(android,Blackberry)

7. Reporting Dashboard



Bayangkan di ruangan Manager,CEO anda, ada satu monitor dengan kemampuan Screen touch, dan dibelakang monitor di pasang Raspberry+ Usb Wifi Mini,
Lalu anda install browser Chromium, dan setting setiap kali Raspberry menyala maka langsung otomatis membuka website internal anda yaitu berisi Dashboard Report misalnya
Report Piutang /Hutang Bulan ini,, Sales yang terjadi pada hari ini, semua yang online bisa di rekap menjadi satu window browser.


8. Home Automation
anda bisa membuat Home Automation untuk mengontrol lampu ,penyiraman taman, kipas angin,AC dan lain nya, dan bisa di atur baik dari layar LCD maupun Handphone anda.

9. Server Hosting website
anda punya koneksi internet di rumah dengan kecepatan lumayan ? punya ip publik ?
Raspberry juga bisa menjadi Server untuk hosting website anda, berbasis html, php dan mysql
anda bisa membuat website misalnya untuk company profile ataupun wordpres sebagai CMS
irit kan ?
Raspberry juga bisa digabung lagi (cluster) untuk mendapatkan performance yang lebih baik.

Kami Akhiri ulasan kali ini
Wasalammu'alaikumsalam Warrahmatullah Wabarokatuh

Sumber:
http://raspi.tv/2014/rpi-gpio-quick-reference-updated-for-raspberry-pi-b
http://belajar-raspberry-pi.blogspot.com/p/raspberry-pi-adalah-sebuah-mini-kit.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi
http://id.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi

1 komentar:

  1. wah keren yaa blognya tentang Raspberry.. oiya kalau agan agan ingin mendapatkan produk Raspberry Pi generasi ke 3 dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau boleh silahkan mampir ke web kami di

    Jual Raspberry Pi dan Arduino

    kami tidak hanya menyediakan semua keperluan tentang Raspberry loh tapi juga produk development board lainnya seperti Arduino dll.

    Selain itu agan agan juga bisa berinteraksi langsung perihal Raspberry atau Arduino dengan technician dan programmer kami yang dijamin handal dan mengerti semua persoalan agan. karena sekarang belajar bisa dengan mudah dengan harga produk yang terjangkau.

    silahkan mampir gan. terimakasih.

    BalasHapus